MTsN 8 Jombang Hadirkan Dinas DPPKB PPPA Kabupaten Jombang dalam Pembinaan Pencegahan Kenakalan Remaja di Lingkungan Madrasah

MTsN 8 Jombang (humas) – Kegiatan Pembinaan Pencegahan Kenakalan Remaja diadakan di MTsN 8 Jombang (Rabu, 25/01/2023). Kegiatan tersebut diadakan berkat kerjasama dengan Dinas DPPKB PPPA kabupaten Jombang. Diikuti seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 MTsN 8 Jombang. Kegiatan yang bertempat di aula MTsN 8 Jombang itu bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada siswa agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang mengarah pada kenakalan remaja di lingkup madrasah. Pembinaan ini menghadirkan nara sumber dari Dinas DPPKB PPPA kabupaten Jombang.

Dalam sambutannya, kepala MTsN 8 Jombang, Umi Mahmudah mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk memberikan pembelajaran pada siswa agar selalu berhati-hati dalam memilih teman, agar tidak terjerumus pada perilaku-perilaku negatif yang akan merugikan diri sendiri keluarga dan madrasah. Apalagi madrasah akan menuju sekolah ramah anak (SRA) maka tidak ada yang namanya tawuran, bulliying, yaitu bentuk perilaku yang agresif yang dilakukan berulang kali sehingga membuat orang lain merasakan ketidaknyamanan. Apalagi itu sering terjadi di lingkungan pendidikan seperti di madrasah ini.

Sementara itu, Niken Kinesti, narasumber dari Dinas DPPKB PPPA Kabupaten Jombang dalam cuplikan materinya menjelaskan bahwa kenakalan anak atau remaja saat ini sudah marak dan sering terjadi di sekolah-sekolah, bahkan menjurus pada tindak kekerasan. Adapun bentuk dan jenis kekerasan meliputi kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan ekonomi, dan kekerasan seksual. diharapkan semua bentuk kekerasan dan bullying tidak akan terjadi di MTsN 8 Jombang ini. Sehingga dapat menjadikan MTsN 8 Jombang menjadi tenpat pembelajaran yang kondusif, aman, dan nyaman. (NFS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *