Penyuluhan Kesehatan Remaja, MTsN 8 Jombang Hadirkan Team Kesehatan Puskesmas Blimbing Kesamben

MTsN 8 Jombang (Humas) – Selasa (31/01/2023), MTsN 8 Jombang menghadirkan Team Kesehatan Puskesmas Blimbing Kesamben dalam rangka memberikan penyuluhan kesehatan bagi siswa siswi MTsN 8 Jombang. Kegiatan yang bertempat di Laboratorium Komputer itu diikuti sekitar 50 siswa yang tergabung dalam team UKS dan PMR MTsN 8 Jombang. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para siswa tentang pentingnya kesehatan remaja, agar dapat melaksanakan dan membiasakan hidup yang sehat baik di tempat belajar maupun di lingkungan tempat tinggal.

Dalam pemaparannya, team kesehatan Puskesmas Blimbing Kesamben, yang diwakili Nasyikhatun menekankan betapa pentingnya menjaga kesehatan terutama pada remaja. Hal ini disebabkan pada masa remaja mulai rentan tertularnya banyak penyakit. Mulai dari hepatitis, Anemia, dan penyakit yang disebabkan dari alat keremajaannya. Masa remaja adalah masa transisi yang unik dan ditandai oleh berbagai perubahan fisik, emosi, dan psikis. Terjadi perubahan fisik secara cepat yang tidak seimbang dengan perubahan kejiwaan. Kesehatan remaja menyangkut pada kondisi sistem, fungsi dan proses reproduksi yang mulai dimiliki saat remaja.

Kepala MTsN 8 Jombang, Umi Mahmudah, dalam cuplikan sambutannya mengatakan “Kalian sebagai team UKS harus bangga, karena kalian mewakili seluruh siswa MTsN 8 Jombang untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan dari team kesehatan Puskesmas Blimbing Kesamben. Apa-apa yang disampaikan harap dicatat dan nantinya ditularkan kepada teman-teman kalian. Setelah mendapatkan ilmu kesehatan, kalian sebagai team UKS atau PMR harus sigap dan gerak cepat jika ada teman yang sakit atau pingsan.”

Kegiatan penyuluhan kesehatan remaja ini diakhiri dengan acara penandatanganan kerjasama tentang penanganan kesehatan antara MTsN 8 Jombang dengan Puskesmas Blimbing Kesamben. Sehingga ke depan MTsN 8 Jombang menjadi madrasah yang bersih lingkungannya, sehat warganya, dan nyaman belajarnya. (NFS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *